Pages

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

About

Followers

Sabtu, 11 Mei 2013

MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH (MEDPEM)



Media Pembelajaran Sejarah

Definisi Media Pembelajaran, Media berasal dari kata “Medium” yang berasal dari bahasa latin “Medius” yang berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan (Latuheru, 1988:9)
Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”.Menurut McLuhan (dalam Sihkabuden, 1985:2) media merupakan suatu sarana atau channel sebagai perantara antara pemberi pesan kepada penerima pesan. Blacks dan Horalsen (dalam Sihkabuden, 1999:1) juga mempunyai pendapat tentang media. Menurut mereka, media adalah saluran komunikasi atau medium yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan suatu pesan dimana medium itu merupakan jalan atau alat dengan suatu pesan berjalan antara komunitor ke komunikan image.
Menurut Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4), Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”. Definisi pembelajaran dapat diartikan sebagai upaya untuk membelajarkan pebelajar.
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Media Pembelajaran dirasa sangat perlu demi kebaikan dan kelancaran kegiatan pembelajaran untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional. Semua hal yang dapat memberikan hal positif dalam rangka penyaluran ilmu kepada siswa perlu dikerahkan.
Dengan menggunakan teknologi sebagai media dalam pendidikan, kegiatan pembelajaran di kelas tampak lebih menarik dan interaktif serta tanpa memberikan kesan membosankan. Contoh dalam hal ini adalah dengan menggunakan media Proyektor (menggunakan Slide Powerpoint) yang didalamnya terdapat macam-macam efek animatif yang bisa dipakai dalam pembelajaran agar isi materi lebih menarik dan memudahkan siswa.
Dalam aspek media pembelajaran sejarah, terdapat 12 jenis yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Contoh-contohnya adalah:
1)      Peninggalan sejarah
2)      Model/ tiruan
3)      Museum
4)      Ruang sejarah/ laboratorium
5)      Media grafis                      : peta, bagan
6)      Cetak                                 : buku, modul, cerpen, roman
7)      Media proyeksi                 : OHP, slide, film
8)      Media dengar/ audio         : radio, tape recorder
9)      Audio visual                      : slide suara, film, TV
10)  Internet                             : website, bog
11)  Multimedia
12)  Pelaku dan saksi sejarah
Dari beberapa contoh media pembelajaran untuk sejarah itu mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk itu pengajar (guru) seharusnya dapat memilih yang tepat diantara 12 media pembelajaran itu untuk memudahkan siswa dalam mencermati dan menerima materi yang akan disampaikan oleh pengajar (guru).
1.                  Peninggalan sejarah
peninggaln sejarah ini sifatnya nyata dan bisa dibuktikan hingga sekarang. Jadi bisa dikatakan ini sebagai media belajar yang tidak dapt diproyeksikan.
Manfaat Peninggalan Sejarah :
a.       Menambah kekayaan budaya bangsa
b.      Menambah pendapatan negara
c.       Bukti nyata peristiwa sejarah
d.      Menambah pengetahuan tentang Sejarah

Kelebihan:
a.    Dapat mengetahui benda aslinya
b.    Siswa lebih mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
c.    Memudahkan siswa untuk mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah
Kekurangan:
a.    Tidak bisa dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
b.    Membutuhkan biaya untuk bisa melihatnya
c.    Tidak mampu mewakili suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
d.   Keutuhan dan keasliannya tergantung perawatan

2.                  Model/tiruan
Media ini merupakan media yang representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya.
Manfaat Model/Tiruan :
a.    Meningkatkan motivasi siswa belajar karena peraga dapat merangsang tumbuhnya perhatian serta mengembangkan keterampilan.
b.    Dapat menarik perhatian peserta didik dengan melalui media pembelajaran model/tiruan.
c.    Dapat mengubah guru sebagai transmisi yang berfungsi sebagai penghantar menjadi fasilitator, peraga membuat siswa lebih aktif.
d.   Membuat siswa menjadi lebih aktif berpikir dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis karena siswa tidak sekedar mengingat dan mendengarkan, namun mengembangkan pikirannya dengan fakta.

Kelebihan
a)             Siswa seakan – akan melihat benda yang nyata dengan media 3D.
b)             Menimbulkan ketertarikan siswa untuk berfikir dan menyelidikinya.
c)             Pembelajaran akan berjalan dengan lebih sempurna karena murid dapat belajar langsung dengan menggunakan bahan-bahan replika atau mirip dengan aslinya.
d)            Murid dapat memahami tentang sifat, bentuk serta pergerakan sesuatu benda itu dengan lebih baik
e)             Memberi pengalaman tentang keadaan sebenarnya sesuai bahan atau benda itu.
f)              Menggalakkan murid membuat kajian lebih lanjut mengenai pembelajaran melalui media 3D
g)             Memberi lebih banyak peluang kepada murid berinteraksi diantara satu sama lain.

Kekurangan
a.         Biaya pembuatannya mahal dan membutuhkan banyak waktu.
b.         Membutuhkan ketrampilan dalam pembuatannya.
c.         Siswa tidak akan memahami jika bentuk media 3D tidak sama dengan benda nyatanya.
d.        Terbentur alat untuk membuat media 3D(sulit mencari atau pembuatannya

3.                  Museum
Media ini digunakan untuk melihat atau mengidentifikasi sesuatu yang dianggap telah lampau. Di dalam museum peserta didik dapat membandingkan dan lebih bisa menilai benda tersebut dari segi yang berbeda
Manfaat Museum, yaitu:
a.       Melakukan pengumpulan, perawatan, pengawetan dan penyajian benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah
b.      Menyebarluaskan  hasil penelitian koleksi benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah
c.       Melakukan bimbingan edukatif cultural dan penyajian rekreatif benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah

Kelebihan:
a.    Harga tiket masuk yang murah
b.    Adanya berbagai macam variasi objek di museum yang lengkap
c.    Fasilitas yang disediakan lengkap
d.   Ruangan museum bersih dan sejuk
e.    Lingkungan sekitar museum bersih dan terawat

Kekurangan:
a.    Ruangan museum yang panas dan kurangnya penerangan
b.    Objek yang ada di museum tidak bervariasi dan tidak lengkap
c.    Fasilitas yang ada di museum tidak lengkap
d.   Lingkungan di sekitar museum kotor
e.    Taman yang tidak terawat

4.                  Ruang sejarah/ laboratorium
Menurut Widja (1989: 70) menyebutnya dengan "Ruang Sejarah", yaitu suatu ruangan khusus yang merupakan tempat peragaan dan pemantapan pelajaran sejarah. Tempat ini bukan sekedar berfungsi memperagakan benda-benda sejarah, namun lebih dari itu adalah tempat pemantapan pelajaran sejarah sebab, di situ termasuk juga kegiatankegiatan yang memungkinkan murid menghayati arti sejarah secara lebih mendalam. Harus diakui bahwa, jenis media ini memang masih tergolong ideal.

Manfaat Ruang Sejarah/ Laboratorium, yaitu:
a.       Sebagai tempat untuk melatih mengembangkan ketrampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala lain.
b.      Mengembangkan ketrampilan motorik dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran
c.       Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah seorang ilmuwan.

Kelebihan:
a.   Peserta didik dapat berganti situasi baru
b.    Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c.   Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia
Kekurangan:
a)    Memerlukan dana yang tinggi, juga barangkali dipandang belum perlu
b)   Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c)    Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium

5.                  Media grafis   : peta, bagan
Media grafis merupakan media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual.
Manfaat Media Grafis : peta, bagan, yaitu :
a)      Menerjemahkan symbol verbal
b)      Mengkonkritkan dan memperbaiki kesan-kesan yang salah dari ilustrasi lisan.
c)      Memberikan ilustrasi suatu buku, dan
d)     Membangkitkan motivasi belajar dan menghidupkan suasana kelas

Kelebihan:
a.         Peserta didik dapat dengan mudah mengetahui lokasi-lokasi sejarah
b.         Bisa gunakan skala yang kita mau
c.         Mudah dibawa
d.        Mudah dibaca, memuat secara umum dan juga bisa dibuat peta yang spesifik komoditas.
e.         Siswa dapat dengan mudah mengetahui kronologis suatu peristiwa sejarah
f.          Ringkas

Kekurangan:
a.         Tidak semua orang pandai membuat peta
b.         Untuk peta besar penyimpanannya memakan ruangan Peserta didik
c.         Tidak semua siswa dapat mengerti dan membaca peta dan bagan
d.        Pesan dan materi dalam peta dan bagan terlalu singkat dan bahkan tidak ada keterangan detilnya.

6.                  Cetak  : buku, modul, cerpen, roman
Media cetak ini digunakan dalam mendukung proses pembelajaran peserta didik. Media cetak ini terdiri dari buku, modul, cerpen, roman. Tetapi kebanyakan yang dipakai adalah buku dan modul.

Manfaat media cetak, yaitu :
a)         Untuk media informasi
b)        Untuk media pendidikan
c)         Meningkatkan intelektual kehidupan masyarakat.

Kelebihan:
a.   Didalamnya terdapat keterangan yang lengkap dan detil
b.    Ringkas dan dapat dibawa kemana-mana
c.   Dapat dipakai dan disimpan lebih lama
d.  Bisa diandalkan dalam menjadi acuan sisw dalam membuat karya tulis

Kekurangan:
a.    Mudah diabaikan
b.    Tidak disukai bagi siswa yang tidak suka membaca
c.    Terdapat modifikasi dari penulis (pandangan)
d.   Terdapat kesalahan (ketikan, sumber, peristiwa dan lain-lain)

7.                  Media proyeksi          : OHP, slide, film
Manfaat Media Proyeksi         : OHP, slide, film
a.       Dapat memberikan pengalaman dasar bagi siswa dalam membaca, berdiskusi, praktik, dan lain-lain (Film)
b.      Dapat membantu dalam proses pembelajaran secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dipandang perlu.
c.       Dapat mendukung dalam segi nilai efektif peserta didik.

Kelebihan:
a.   Mudah dioperasikan.
b.  Tidak perlu mengubah cahaya lampu
c.   Hemat waktu
d.  Dapat digunakan kembali
e.   Kemampuan menggantikan papan tulis
f.    Bebas polusi
g.   Dapat menjangkau kelompok yang besar.
h.  Mempermudah siswa mencerna materi

Kekurangan:
a.    Tidak adanya audio
b.    Gambar dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan televisi atau film
c.    Biaya pembuatan film mahal
d.   Film tidak dapat mencapai semua tujuan pembelajaran
e.    Memerlukan rungan gelap
f.     Proyeksi (slide, OHP) biasanya hanya rangkuman dari materi

8.                  Media dengar/ audio : radio, tape recorder
Media berbentuk sarana penyampai, pembawa dan pengantar pesan yang ditangkap melalui indra pendengar.
Manfaat Media Visual, yaitu
a.       Untuk menarik perhatian,
b.      Untuk  memperjelas sajian ide,
c.       Untuk menggambarkan fakta yang mungkin akan cepat dilupakan jika tidak divisualkan.

Kelebihan Media Audio , Menurut Sadiman  ( 2005 : 50 ) , adalah :
a.              Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
b.             Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
c.               Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
d.             Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
e.               Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
Kelebihan Media Audio, Meutut Arsyad ( 2003 : 45 ) , adalah :
a.              Merupakan  peralatan   yang     sangat   murah   dan  lumrah  sehingga   mudah dijangkau oleh masyarakat.
b.              Rekaman  dapat  digandakan  untuk keperluan  perorangan sehingga  isi  pesan  dapat berada ditempat secara bersamaan.
c.              Merekam     peristiwa    atau    isi    pelajaran     untuk   digunakan     kemudian.  Rekaman dapat digunakan sendiri sebagai alat diagnosis guna untuk membantu meningkatkan       keterampilan        membaca,    mengaji        dan     berpidato.
d.             Dalam pengoperasiannya relatif sangat mudah. 

         Kekurangan Media Audio, Menurut Arsyad( 2003 : 46 ) , adalah :
a)         Dalam suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atau informasi tersebut berada ditengah – tengah pita, apalagi jika radio, tape tidak memiliki angka – angka penentuan putaran.
b)        Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.
9.                  Audio visual   : slide suara, film, TV
Media yang memiliki unsur suara dan unsur gambar.
Manfaat Audio visual : slide suara, film, TV yaitu:
a.       Sebagai media pembelajaran yang inovatif dalam hal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
b.      Untuk mempermudah peserta didik dalam mengetahui suatu hal.
c.       Untuk mempermudah peserta didik dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan umum (TV)

Kelemahan Audi visual, yaitu
a.         Terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio-visual sebagai alat Bantu guru dalam mengajar.
b.         Terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio visual sebagai alat Bantu guru dalam proses pembelajaran. Media yang beoriantsi pada guru sebernarnya
c.         Media audio visual cenderung menggunakan model komunikasi satu arah.
Media audio-visual tidak dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, karna media audio-visual cenderung tetap di tempat.
10.              Internet          : website, bog
Internet disini juga bisa disebut sebagai salah satu media pembelajaran. Internet merupakan sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia.
Manfaat Internet, yaitu :
a.       Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan
b.      Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah
c.       Melatih peserta didik dalam hal teknologi
d.      Sebagai Sarana Komunikasi.

Kelebihan:
a.    Peserta didik mudah mengaksesnya
b.    Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
c.    Up to date, media online dapat melakukan update (pembaharuan) suatu informasi atau berita dari waktu ke waktu dan dimana saja, tidak melulu menggunakan bantuan komputer, tetapi fasilitas teknologi pada handphone (telepon genggam) atau lebih spesifik dengan kata smartphone (telpon genggam yang telah memiliki fungsi setara komputer, ex: Android, Symbian, WP, iOS, BlackBerry). Hal ini terjadi karena media online memiliki proses penyajian informasi/berita yang lebih mudah dan sederhana.
d.   Praktis, media online terbilang praktis karena kemudahan untuk mendapatkan berita dan informasinya, kapan saja bila diinginkan media online dapat dibuka dan dibaca sejauh didukung oleh fasilitas teknologi internet. Handphone yang memiliki fasilitas koneksi internet, komputer yang memiliki sambungan internet baik di perkantoran atau di rumah, dan dapat pula di warung internet (warnet) (Yunus, 2010:32-33).
e.    Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
f.     Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.

Kekurangan:
a.    Kebenaran artikel belum bisa dipertanggungjawabkan
b.    Menimbulkan ketergantungan siswa terhadap internet
c.    Belum bisa dijadikan acuan utama dalam karya tulis
d.   Internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justru membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali.
e.    Salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.

11.              Multimedia
Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi.
Manfaat Multimedia, yaitu :
a.       Sebagai pengenalan teknologi informasi dan komunikasi kepada peserta didik.
b.      Memberikan pengalaman baru dan menyenangkan.
c.       Metode pembelajaran yang menyenangkan dapat menambah motivasi belajar anak lebih meningkat.
d.      Mengikuti perkembangan Iptek.
e.       Mengejar ketertinggalan akan pengetahuan tentang Iptek di bidang pendidikan.

Kelebihan:
a.    Menarik perhatian
b.    Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
c.    Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
d.   Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
e.    Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
f.     Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
g.    Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
h.    Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
i.      Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas

Kekurangan:
a.    Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai
b.    Biaya relative mahal untuk tahap awal
c.    Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
d.   Belum memadainya perhatian dari pemerintah
e.    Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

12.              Pelaku dan saksi sejarah
Manfaat Pelaku dan saksi sejarah, yaitu : untuk mengetahui sesuatu yang nyata karena penjelasan tersebut lebih kongkrit dan detail.

Kelebihan:
a.                   Langsung kepada pelaku dan saksi sejarah, sehingga mudah menggambarkan situasi
b.                  Dapat diperoleh keterangan yang sedalam-dalamnya
c.                   Informasi yang diinginkan dapat diperoleh dengan cepat
d.                  Informasi yang diperoleh lebih dipercayai kebenarannya
e.                   Narasumber biasanya lebih bersedia mengungkapkan keterangan-keterangan yang sebenarnya tidak ingin (enggan) diberikannya

Kekurangan:
a.                   Memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang lebih besar
b.                   Sangat tergantung pada narasumber
c.                   Tidak ada jaminan kebenaran
d.                  Bisa saja keterangannya tidak lengkap
e.                   Sering berbeda pendapat antar pelaku/ saksi sejarah


Daftar Pustaka
The Gau’ 2011 : www.muhsakirmsg.blogspot.com/ Kelebihan Dan Kekurangan Media Audio 
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grofindo Persada Jakarta : Grafindo Pers.
Usman, M. Basyirudin dan Asnawir. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Mahanani, A Fauzan. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/pengertian-media-pembelajaran.html . 30 April 2012



5 komentar: